Follow My Blog

Jumat, 19 Oktober 2012


Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

menghilangkan ketombe secara alamiTernyata menghilangkan ketombe secara alami itu bisa lho. Alam memang luar biasa  menyediakan bagi kita apa saja yang kita butuhkan. Keseimbangan akan selalu ada. Buktinya ketombe pun dapat diatasi dengan cara-cara alami. Berikut daftar hasil alam yang mampu memperbaiki mahkota rambut Anda.
  • Cuka putih (vinegar)
    Cuka putih atau vinegar yang memiliki nama ilmiahnya asam asetat bermanfaat untuk membersihkan segala noda termasuk noda kepala alias ketombe. Cara menggunakannya adalah campurkan secangkir cuka putih dengan secangkir air, dan tuangkan di kulit kepala Anda setelah berkeramas, sebagai bilasan akhir. Biarkan kurang lebih 10 menit, kemudian bilas dengan air bersih.
    Anda juga bisa mencuci rambut dengan satu sendok cuka yang dicampur tiga  sendok makan minyak, lalu bilaslah dengan shampoo.  Cuka putih terbukti juga  effisien untuk menghilangkan bau dan membunuh jamur, bakteri, serta kuman.
  • Soda kue
    Bubuk putih tanpa bau yang disebut soda kue ini ternyata menganduung zat kimia alami yang bernama sodium bicarnonat. Selain berfungsi untuk memutihkan gigi  soda kue juga dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe. Caranya basahi rambut dan ambil segenggam soda kue dan gosokkan kulit kepala Anda dengan soda kue tersebut. Segera  bilas  hingga semua soda hilang dari rambut Anda. Lakukan paling tidak seminggu. Mungkin pada awalnya, rambut Anda akan terasa sedikit kering, tapi setelah satu minggu Anda akan melihat perbedaannya. Kulit kepala Anda memproduksi minyak secara alami, membuat rambut Anda lembut kembali dan ketombe Anda akan hilang.
  • Jeruk nipis
    Jeruk nipis selain bermanfaat untuk mengobati disentri, sembelit, ambeien, difteri, jerawat, kepala pusing atau vertigo, batuk, bau badan, kandungan jeruk nipis dapat pula bermanfaat untuk menghilangkan ketombe. Caranya siramkan 2 sendok makan air jeruk nipis di kepala Anda. Urut rambut Anda dengan jari dari pangkal rambut hingga kepala rambut secara merata. Kemudian ambil segelas air dan tambahkan 1 sendok makan jus lemon ke dalamnya, kemudian siramkankan ke rambut Anda. Bila dengan air. Selain ketombe menghilang. Rambut Anda pun akan berbau harum. Anda dapat mengulangi dalam beberapa hari
  • Garam
    Garam selain mampu mencegah pengembunan pada mobil Anda ternyata ia juga mampu untuk menghilanhlkan ketombe. Caranya ambil garam, taburkan dan gosok kulit kepala Anda dengan lembut. Bilaslah setelah beberapa saat dan bersihkan rambut Anda dengan shampo.
  • Santan kelapa
    Nenek moyang kita, jauh sebelum pabrikan pembuat shampoo membuat shampoo anti ketombe telah lama menggunakan cara ini.  Caranya campur santan dari setengah butir kelapa, satu gelas jus buah nanas, perasan jeruk nipis, dan satu setengah gelas air kelapa. Aduk  hingga merata. Setelah campuran ini rata gunakan untuk mencuci rambut paling tidak selama lima hari sekali. Bersihkan dengan shampoo setiap kali keramas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar