Follow My Blog

Jumat, 19 Oktober 2012


 
Cara instal laptop merupakan hal pertama yang umum ditanyakan pada saat anda memiliki sebuah laptop baru. Sekarang saya ingin sedikit memberikan informasi tentang bagaimana cara untuk  instal laptop baru kesayangan anda., yang pertama dan paling penting adalah anda harus menyediakan cd atau file  driver laptop berikut cd Windows original anda. Setelah semuanya siap mari kita mulai instal  laptop baru anda.
Cara install laptop step per step :
1. Nyalakan laptop anda, kemudian masuk ke menu bios dengan cara menekan tombol ‘del’ pada saat laptop mulai menyala.
2. Kemudian setelah masuk ke menu bios, pilih menu boot, disini kita ubah urutan boot device. Set urutan boot device pertama menjadi CD/DVD Rom dan seve settingan bios. Jadi saat kita menyalakan kembali laptop dengan otomatis laptop kita akan membaca CD/DVD Rom yang sudah kita masukan Cd Windows.

menu bios

3. Masukan CD Windows ke dalam CD/DVD Rom, lalu restart laptop anda.
4. Saat laptop baru menyala tunggu beberapa saat akan muncul text ‘press any key………..’ kemudian tekan tombola pa saja pada keyboard, contohnya tombol enter.
5.Lalu akan muncul tiga pilihan, tekan ente untuk memilih pilihan To set up Windows XP now, press ENTER.
6. Selanjutnya akan muncul halaman license agreement, tekan tombol F8.
7. Kemudian partisikan harddisk laptop kita, biasanya kita partisi menjadi dua dua yaitu partisi C dan partisi D.
8. Lalu pilih partisi C dengan cara menggunakan tombol anak panah naik turun pada keyboard.
9. Kemudian akan muncul pilihan untuk melakukan format disk, pilih ‘ format the partision using NTFS file system, kemudian Enter dan tunggu loading.
10. Setelah tahapan tadi kita hanya tinggal menunggu saja. Akan ada proses format disk pada partisi C dan ada proses pengcopyan file windows dari CD Windows ke partisi tersebut. Tunggu saja sampai kedua proses tersebut selesai.
11. Setelah proses copy file windows selesai laptop anda akan secara otomatis merestart, agar mempercepat proses tekan saja tombol ENTER

restart time

12. Lalu setelah laptop merestart aka nada pilihan kembali seperti tahap 4, jangan tekan tombol apapun biarkan saja, proses instal laptop akan kembali berjalan, dan kita hanya cukup menunggu saja sampai proses selanjutnya.
13. Ketika proses copy file Windows telah selesai, tunggu sampai muncul perintah ‘Regional and Language Option’ pilih NEXT.
14. Kemudian akan muncul pilihan untuk mengatur waktu atau jam, pilih di menu dropdown : (GMT+7:00 Bangkok, Hanoi, Jakarta) lalu tekan Next.
15. Tahapan cara instal laptop baru yang selanjutnya yaitu anda harus memasukan Product Key, atau yang biasa kita sebut dengan serial number. Masukan serial number Windowsnya lalu tekan NEXT.
16. Kemudian tahapan yang selanjutnya adalah memasukan nama anda dan nama organisasi anda, masukan terserah anda kemudian NEXT.
17. Kemudian berikutnya kita isiskan computer name dan administrator password, anda bisa mengabaikannya atau bisa anda isi tapi anda harus mengingat administrator paswordnya kemudian NEXT.
18. Lalu masuk ke menu Networking setting, pada menu ini biarkan saja seperti bawaan aslinya. Kemudian NEXT.
19. Lalu muncul menu Workgroup or Computer Domain, biarkan saja seperti Default dari Windowsnya, tekan NEXT.
20. Kemudian kita tinggal menunggu lagi proses yang sedang berjalan.
Sampai kemudian muncul tulisan Display Setting ‘ To improve the appereance……..’ tekan tombol OK.
21. Kemudian muncul tulisan Monitor Setting ‘ Windows adjusted your screen…..’ tekan lagi tombol OK.
22. Tunggu beberapa saat dan Windows kita sudah selesai dan laptop baru kita sudah siap untuk dipergunakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar