Follow My Blog

Selasa, 30 Oktober 2012

3 Cara Membedakan Blackberry Asli atau Palsu

Blackberry merupakan Smartpone yang paling laris ditanah air ini. Dan hal tersebut dibuktikan oleh RIM, vendor asal Kanada ini banyak menjual berbagai tipe dan seri Blackberry-nya di Indonesia. Maka dari itu hal ini sangat dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, yaitu dengan cara menjual Blackberry palsu dengan seri, tipe dan bentuk yang hampir mirip denga aslinya.

Berikut ini 3 Cara Membedakan Blackberry Asli dan Palsu: 

1. Cek IMEI dan PIN Apa itu IMEI ?

IMEI adalah International Mobile Equipment Identity yang berupa sejumlah nomor unik dalam ponsel dan tidak akan sama antara satu item dengan item lainnya. Begitu juga dengan PIN atau Personal Identification Number yang berbeda antar pengguna ponsel. Anda bisa melihat IMEI dan PIN BlackBerry pada menu Homescreen. Pilih menu options kemudian pilih Status bersamaan dengan tombol Shift+ALT+H maka nomor IMEI dan PIN akan muncul. Pastikan jika nomor IMEI dan PIN ini sama dengan yang tertera pada tempat baterai dan dus.

2. Cek Data Lifetime

Data Lifetime juga penting dipantau dalam membedakan BlackBerry asli dan palsu. Untuk mengetahuinya, Anda bisa membuka Menu lalu Option lalu Status. Ketiklah BUYR dan tunggu sebentar. BlackBerry baru akan menampilkan angka nol namun jika muncul pesan Exceeding 120K dan Voice Usage Exceeding 60 minutes berarti BlackBerry ini sudah pernah digunakan sebelumnya. Jadi berhati-hatilah.

3. Cek Dus BlackBerry

Selain itu anda juga perlu mengecek dus perangkat BlackBerry anda. Perhatikan dus beserta kelengkapannya. Pastikan jika nomor IMEI yang tertera di dalam dus sama dengan yang tertulis di perangkat. Perhatikan juga stiker IMEI. Stiker IMEI untuk produk BlackBerry baru biasanya akan rapi dan mengkilap. Jika ada hal-hal yang mencurigakan pada stiker seperti luntur dan terlihat menumpuk di atas stiker lainnya, Anda patut berpikir dua kali untuk membeli perangkat BlackBerry ini.
Demikian tips membedakan Blackbaerry asli atau palsu, jika ada tambahan mohon bisa komentar di kolom komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar